Cara Mengatasi Susah Tidur Tanpa Obat

Cara Mengatasi Susah Tidur Tanpa Obat - Akibat dari sulit tidur seperti yang sebagian teman saya alami bermacam-macam, ada yang kurang konsentrasi di siang hari, ada pula yang mengeluh badan tidak bergairan dan masih banyak lagi dampaknya. Penyebab insomnia umumnya berupa stres, faktor psikologis, perubahan jam kerja, salah minum Obat Tidur dan sebagainya. Meski mungkin banyak yang menganggap tidur masalah sepele, jika sudah menjadi gangguan, kesulitan tidur ini bisa berbahaya. Mereka yang kurang tidur sudah jelas memengaruhi kesehatannya. Selain itu, tidur sebenarnya juga obat. Oleh karena itu, jika sulit tidur harus dicarikan solusinya. Apalagi, ada kecenderungan jumlah penderita gejala ini makin lama makin banyak.

Cara Mengatasi Susah Tidur Tanpa Obat




Penyebab Insomnia Susah Tidur

Beberapa faktor yang mungkin mempengaruhi anda sulit tidur diantaranya:
  1. Faktor medis, susah tidur bisa dikarenakan seseorang mengalami suatu penyakit seperti penyakit jantung, asma, penyakit parkinson, gangguan di pencernaan dan alzheimer.
  2. Faktor psikriatis, ada beberapa macam gangguan psikriatis yang membuat anda susah tidur seperti gangguan stres pasca trauma, kepanikan, kekhawatiran dan gangguan obsesif kompulsif.
  3. Faktor lingkungan, faktor ini sangat mempengaruhi seseorang mengalami gangguan pada tidurnya seperti udara yang terlalu panas atau terlalu dingin, adanya suara bising atau berisik saat tidur, cahaya yang menyorot mata, teman tidur yang tidak tenang dan juga kasur atau bantal yang kurang nyaman.
  4. Faktor lain, faktor lain ini juga bisa mempengaruhi seseorang mengalami sulit tidur diantaranya penyalahgunaan alkohol dan juga narkoba, efek samping dari obat-obatan yang diminum, serta efek dari merokok.
Saat anda menyadari bahwa anda mengalami sulit tidur atau insomnia anda harus segera mengambil tindakan agar insomnia ini tidak berlarut-larut, sebelum gangguan ini menjadi kebiasaan dan tentunya sangat kurang baik untuk kesehatan anda jangka panjang.

Tidur Normal Tidak Imsomnia
Beberapa kriteria mengenai tidur yang sehat adalah mencakup hal-hal di bawah ini:
  1. Anda mudah tertidur pada waktu malam hari tanpa harus dibantu oleh obat tidur atau tidak berjuang untuk mengatasi kegelisahan dan kekhawatiran saat hendak tidur.
  2. Saat tengah malam jarang terbangun dan jika terbangun akan dengan mudah untuk kembali tidur meskipun di tengah malam anda pergi ke kamar kecil untuk membuang air.
  3. Anda dapat terbangun secara wajar tanpa menggunakan alarm di pagi hari dengan waktu yang kurang lebih sama setiap harinya, dan setelah beraktifitas tubuh anda menjadi segar dan bersemangat serta tidak mengantuk.
Seringakali setiap kita mengalami gangguan tidur dan mungkin baru bisa kembali tidur menjelang pagi dan ini sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh kita, selain itu pada pagi harinya kita akan menjadi mudah emosi dan kurang bisa berkonsentrasi dengan baik, hal ini juga bisa mempengaruhi kualitas kerja anda di kantor.
Jika tidur saya tidak demikian dan ada gejala imsomnia apa yang harus saya lakukan ? oh , lihat lanjutan artikel ini. Cara Mengatasi Insomnia Tanpa Obat Tidur yang bisa anda gunakan sebagai terapi penyembuhan. Ada beberapa langkah untuk mengatasi kesulitan tidur, tanpa menggunakan obat-obatan, melainkan hanya dengan cara-cara sederhana yang dapat dilakukan sendiri :
  1. Mula-mula tentukan waktu tidur dan bangun secara teratur. Tidur pada saat yang berubah-ubah akan membuat badan dalam kondisi siaga. Akibatnya tubuh selalu dalam keadaan tegang. Jika sudh di tentukan saat tidur dan bangun, seyogyanya dipatuhi.
  2. Apabila seseorang sulit tidur, tidak dianjurkan tidur pada siang hari. Tidur di siang hari akan mengurangi kebutuhan tidur di malam hari. Akibatnya pada malam hari tidur akan sering terjaga.
  3. Tempat tidur seyogyanya hanya digunakan untuk tidur dan tidak di gunakan untuk kegiatan lain. Misalnya menonton TV, Menulis dan sebagainya.
  4. Jangan menggunakan peralatan elektronik seperti ponsel menjelan tidur.
  5. Latihan olahraga dapat membantu mengatasi sulit tidur. Lakukan olah raga pada sore hari atau setelah matahari terbenam.
  6. Hindari makanan minuman tertentu seperi makanan manis sebaiknya dihindari menjelang tidur, demikian pula minuman yang mengandung alkohol, teh serta kopi.
  7. Dianjurkan mandi air hangat dan minum susu hangat menjelang tidur dan kecilkan lampu atau padamkan lampu penerangan di kamar.
Insomnia sebenarnya bukan merupakan sebuah penyakit, hanya merupakan sebuah gangguan saja. tetapi dari insmonia berlebihan inilah nantinya akan timbul berbagai macam penyakit berbahaya bagi tubuh. Gejala insomnia tidak menyerang penduduk Indonesia saja, tetapi gangguan susah tidur satu ini juga menyerang para orang dewasa di Amerika Serikat, menurut survey di sana terdapat sekitar 13 % orang dewasa mengalami gangguan insomnia. Dari itu anda bisa terapkan pola hidup seperti penjelasan diatas supaya bisa usir dikit demi sedikit penyakit insomnia yang melanda di kehidupan anda. Semoga Bermanfaat.